Menulis Teks Eksposisi: Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi

 Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi


Sumber: Instagram

Bangsa Indonesia memilki segala keindahan dan kekayaannya salah satunya adalah bahasa Indonesia yang berfungsi sebagai alat komunikasi sehari-hari bagi jutaan orang di seluruh Indonesia bahkan sekarang menjadi bahasa komunikasi di internasional. Hal ini didasari usulan untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa resmi pada Konferensi Umum UNESCO, telah disetujui pada pada tanggal 20 November 2023. Ditetapkannya bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi pada Konferensi Umum UNESCO akan membuat bahasa Indonesia meningkat posisinya di dunia. Dari ditetapkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam forum internasional UNESCO juga dapat dianggap sebagai langkah besar untuk memperluas penggunaannya bahasa indonesia dalam konteks internasional di berbagai bidang. Dari penetapan ini harapannnya komunikasi antar daerah, antar kelompok dan antar negara  menjadi lebih efektif, serta berdampak pada penguatan kesatuan dan keberlanjutan pembangunan nasional.

Bahasa Indonesia resmi dijadikan bahasa resmi salah satunya dikarenakan bahasa Indonesia mudah dipelajari dan tidak terlalu rumit bagi penutur asing. Salah satu faktanya adalah bahasa Indonesia tidak seperti bahasa Inggris yaitu tidak terdapat kata kerja yang rumit dan banyak. Dalam Bahasa Indonesia, verb atau kata kerja tidak mengalami perubahan walaupun terdapat perbedaan orang, jumlah, dan waktu. Hal tersebut membuat penggunaan kata kerja lebih sederhana dibandingkan dengan beberapa bahasa inggris yang memiliki verb berbeda-beda tergantung kondisinya. Dengan ditetapkannya bahasa indonesia sebagai bahasa resmi akan membawa banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah bertambahnya minat negara asing untuk belajar BIPA. Hal tersebut didukung fakta bahwa sebelum ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. Berdasarkan fakta dapat diketahui bahwa jumlah pelajar BIPA dari tahun ke tahun semakin meningkat dan semakin bervariasi. Dengan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi pemelajar BIPA berpotensi mengalami kenaikan yang signifikan. Manfaat yang kedua adalah meningkatkan penggunaaan bahasa Indonesia dari yang semula hanya digunakan oleh warga Indonesia kini warga negara lain dapat menggunakannya. Berdasarkan pada fakta dengan diputuskannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kini penggunaan bahasa Indonesia bisa digunakan dalam konferensi umum UNESCO serta yang berhubungan dengan dokumen-dokumen bersama bahasa lainnya yaitu bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia, Hindi, Italia, dan Portugis. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif bagi bahasa Indonesia.

Penetapan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi pada Konferensi Umum UNESCO pada 20 November 2023 membawa dampak positif bagi bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia mudah dipelajari dan tidak terlalu rumit apabila dipelajari penutur asing. Keputusan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dapat meningkatkan posisi bahasa Indonesia secara global, memperluas penggunaannya di berbagai bidang, dan meningkatkan minat belajar bagi BIPA bagi penutur asing. Bahasa Indonesia saat ini resmi digunakan pada forum internasional, dan dokumen-dokumen UNESCO bersama dengan bahasa lainnya. Oleh karena itu penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ini diharapkan dapat membuka pintu bagi bahasa Indonesia agar mampu bersaing dengan bahasa lainnya menjadi bahasa yang mendunia.

Komentar

  1. Keren sekaliii, sangat bangga dengan Bahasa Indonesia yang sudah diresmikan oleh UNESCO. Semoga Bahasa Indonesia tidak pernah luntur dan dapat diterima di semua negara yaa, semangat untuk penulis.

    BalasHapus
  2. Wihh info yang sangat bermanfaat kak

    BalasHapus
  3. WAHH bangga jadi warga indonesia

    BalasHapus
  4. Makasi banyakk infonya kakkk

    BalasHapus
  5. Kerenn, makasih ka informasi nya

    BalasHapus
  6. Kereenn, makasii banyak infonya!!

    BalasHapus
  7. Bahasa Indonesia semakin menduniašŸ„°

    BalasHapus
  8. woww keren bahasa indonesia udah menjadi bahasa internasional

    BalasHapus
  9. keren banget ngga sih Indonesia otw jadi negara maju

    BalasHapus
  10. bangga banget, bahasa Indonesia dijadikan bahasa resmi

    BalasHapus
  11. Bangga banget jadi warga Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi #2 : Sajadah Panjang Karya Taufiq Ismail

Analisis Puisi #1: Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono