Analisis Cerpen #1 : Laki-Laki Sejati Karya Putu Wijaya

 Analisis Cerpen Laki Laki Sejati Karya Putu Wijaya

Tema Cerpen Laki Laki sejati adalah menceritakan tentang arti dari bagaimana sosok laki laki sejati itu. Dalam cerpen ini menceritakan tentang seperti apa laki laki sejati itu . Cerpen ini juga menceritakan seperti apa kenyataan laki laki yang ada didunia ini seperti apa.

Tokoh dalam cerpen Laki Laki Sejati adalah Ibu dan Anak Perempuan Muda. Tokoh Anak perempuan muda digambarkan sebagai seorang anak perempuan yang seusia remaja. Tokoh anak perempuan tersebut digambarkan memilki sifat ingin tahu,tidak sabaran, mudah putus asa, kuper. Sifat ingin tahu dibuktikan dengan kalimat  “Tiba-tiba saja kini ia sudah menjadi perempuan yang punya banyak pertanyaan”. Sifat tidak sabaran dibuktikan dengan kalimat “" katakan cepat ibu, dimana aku bisa menjumpai laki-laki itu ?". Sifat Mudah putus asa dibuktikan dengan kalimat "jadi tak ada harapan lagi ? Gunanya dengan suara tercekik putus asa. Tak ada harapan lagi. Kalau begitu aku patah hati. Patah hati ? Ya aku putus asa.". Tokoh yang kedua adalah Ibu. Ibu digambarkan adalah sosok ibu dari si anak perempuan yang merupakan single perent karena suami atau ayah sang anak sudah meninggal dunia. Ibu memilki sifat pintar, realistis, tegas. Sifat pintar  ibu dibuktikan dengan kalimat “Bagus, Ibu hanya berusaha agar kamu benar-benar mendengar setiap kata yang akan ibu sampaikan”. Sifat realistis ibu dibuktikan dengan kalimat “Karena laki-laki sejati seperti itu sudah tidak ada lagi di atas dunia”. Sifat tegas ibu dibuktikan dengan kalimat “Perempuan muda itu tercengang, suara ibunya menjadi keras dan memerintah”.

Latar tempat pada cerpen Laki Laki Sejati adalah di dalam kamar. Dibuktikan dengan kalimat “Dunia tak seburuk yang kamu bayangkan didalam kamarmu ini”. Latar Waktu pada cerpen Laki Laki Sejati adalah sore hari. Dibuktikan dengan kalimat "matahari sore terhalang oleh awan tipis yang berasal dari polusi udara”. Latar suasana pada cerpen ini adalah menegangkan, mengharukan.

Alur pada cerpen Laki Laki Sejati adalah Maju. Cerpen ini awalnya menceritakan anak perempuan usianya meranjak remaja bertanya kepada ibunya tentang seperti apa laki laki sejati itu. Kemudian Ibu dari anak perempuan tersebut mengambarkan bagaimana sosok laki laki sejati tersebut. Ibu menjelaskan Seorang laki-laki sejati adalah seorang yang melihat yang pantas dilihat, mendengar yang pantas didengar, merasa yang pantas dirasa, berpikir yang pantas dipikir, membaca yang pantas dibaca, dan  berbuat yang pantas dibuat, karena itu dia berpikir yang pantas dipikir, berkelakuan yang pantas dilakukan dan hidup yang sepantasnya dijadikan kehidupan. Seorang laki-laki sejati adalah seorang laki-laki yang satu kata dengan perbuatan!. Mendengar penjelasan tersebut anak perempuan tersebut kemudian Perempuan muda itu  memejamkan matanya, seakan-akan mencoba membayangkan seluruh sifat itu mengkristal menjadi sosok manusia dan kemudian memeluknya. Anak perempuan tersebut menikmati lamunannya. Dari mulutnya terdengar erangan kecil, kagum, memuja dan rindu. Ia mengalami orgasme batin. Anak perempuan tersebut kemudian berkata “Aku jatuh cinta kepadanya dalam penggambaran yang pertama. Aku ingin berjumpa dengan laki-laki seperti itu. Katakan di mana aku bisa menjumpai laki-laki sejati seperti itu, Ibu”. , Mendengar pertanyaan anak gadisnya ibunya merasa kasihan. Kemudian ibu berkata “Karena kamu menanyakan sesuatu yang sudah tidak mungkin, sayang. Karena laki laki seperti itu sudah tidak ada lagi dimuka bumi ini. Sekarang yang ada hanya laki laki yang tidak bisa dipegang mulutnya.”. Setelah mendengar kata tersebut gadis tersebut murung dan merasa patah hati putus asa karena merasa hidupnya tidak berguna karena tidak ada laki laki sejati.

Kemudian ibu menyuruh anak perempuannya tersebut keluar dari kamarnya untuk melihat dunia luar menghirup udara yang segar dan agar bersosialisasi dengan yang lain. Ibu bicara dengabn nada keras dan memerintah anak perempuan tersebut lantas keluar dari kamarnya. Kemudian ibu menyuruh anak perempuan untuk melihat ke jalanan yang Nampak banyak laki laki. Sang ibu menyuruh anaknya untuk menangkap satu yang mana saja tidak peduli dia siapa dan jadikan ia teman hidupmu. Anak perempuan hamper mau protes namun ibu dengan suara lirih berkata “asal, ini yang terpenting anakku, asal dia benar-benar

mencintaimu dan kamu sendiri juga sungguh-sungguh mencintainya. Karena cinta, anakku, karena cinta dapat mengubah segala-galanya”. Ibu melanjutkan omongannya sebelum anaknya sempat membantah dengan berkata “karena seorang perempuan, anakku, siapa

pun dia, dari mana pun dia, bagaimana pun dia, setiap perempuan, setiap perempuan anakku, dapat membuat seorang lelaki, siapa pun dia, bagaimana pun dia, apa pun pekerjaannya bahkan bagaimana pun kalibernya, seorang perempuan dapat membuat setiap lelaki menjadi seorang laki-laki yang sejati!”. Cerpen tersebut ditutup dengan kalimat tersebut bahwa seorang perempuan dapat membuay setiap laki laki menjadi laki laki sejati.

Amanat dari cerpen laki laki sejati adalah seorang laki-laki sejati tidak akan pernah ada selagi perempuan tersebut memilki niatan merubah laki-laki itu menjadi laki-laki sejati, . Juga mengajarkan bahwa jangan pernah menunggu pasanagan hidup yang sempurna, karena sampai kapanpun kamu tidak akan pernah mendapatkannya, Juga mengajarkan apabila sepasang kekasih saling tulus mencintai maka segalanya akan berubah."

Komentar:  Dalam cerpen Laki Laki Sejati karya putu Wijaya isinya menarik dikarenakan dalam cerpen ini menjelaskan dan menggambarkan bagaimana laki laki sejati itu. Selain itu juga mengajarkan bagaimana cara menjadikan laki laki menjadi laki laki sejati. Dalam cerpen ini tokoh Ibu  banyak memberikan kepada kita pengajaran yang dapat kita terapkan dikehidupan sehari hari bahwa perempuan itu sesungguhnya bisa menjadikan seorang laki laki menjadi laki laki sejati. Ibu dalam cerpen ini memberikan banyak sekali gambaran mengenai laki laki sejati serta realita kehidupan sekarang yang laki laki sejati itu tidak ada lagi laki laki sejati. Cerpen ini memaparkan seperti apa laki laki sejati itu yang sifatnya dapat kita terapkan dikehidupan sehari hari yaitu perkataan harus sesuai dengan tindakan. Jadi dalam kehidupan ini perkataan yang kita ucapkan segala macamnya harus sejalan beriringan dengan tindakan nyata yang kita lakukan sesuai perkata

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi #2 : Sajadah Panjang Karya Taufiq Ismail

Menulis Teks Eksposisi: Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi

Analisis Puisi #1: Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono