Menulis Teks Prosedur : Cara Membuat Peyek Ungkrung Gurih dan Lezat

 Cara Membuat Peyek Ungkrung Gurih dan Lezat

Indonesia  tidak hanya dikenal dengan negara kaya akan keberagaman budaya dan pemandangan alamnya yang memukau, tetapi juga dikenal  keragaman kulinernya baik tradisional maupun modern yang menggoda selera. Salah satu camilan yang mendapat tempat istimewa di hati para penikmat kuliner adalah "peyek". Peyek pada dasarnya seperti sejenis kerupuk yang terbuat dari campuran adonan tepung beras dengan bahan tambahan, seperti kacang tanah. Lantas apakah yang akan terjadi jika peyek tidak menggunakan kacang tanah, tetapi menggunakan Ungkrung.  Ungkrung ini sejatinya bisa diinovasikan untuk dibuat peyek karena rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan peyek. Hal ini akan membuat suatu inovasi peyek yang tidak selalu menggunakan bahan kacang tanah saja. Dalam prosedur ini akan membahas langkah-langkah mudah dalam membuat “Peyek Ungkrung Gurih dan Lezat”. Berikut alat, bahan dan langkah langkah pembuatannya:

 

Alat:       

Alat yang dibutuhkan untuk membuat Peyek Ungkrung Gurih dan Lezat cukup sederhana dan pasti mudah ditemui. Alat yang diperlukan yaitu:

1.      Wajan

2.      Spatula besi

3.      Serok penggorengan

4.      Sendok sayur

5.      Baskom

6.      Piring

7.      Cobek

8.      Kompor

 

Bahan:

Bahan yang diperlukan untuk membuat Peyek Ungkrung Gurih dan Lezat sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan. Bahan yang diperlukan meliputi:

1.      ¼ kg kepompong jati

2.      ½ kg tepung beras

3.      1 bungkus santan instan

4.      1 butir Telur

5.      Minyak goreng secukupnya

6.      3 buah bawang putih

7.      3 buah bawang merah

8.      1 sdt tumbar

9.      1 sdm garam

10.  1 sdt penyedap rasa

11.  4 lembar daun jeruk

12.   5 biji miri

13.  Air secukupnya

 

Langkah-Langkah:

1.      Masukkan kepompong jati atau ungkrung ke dalam piring

2.      Bersihkan kepompong jati atau ungkrung dengan air mengalir sampai bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel serta tanah maupun benda asing.

3.      Setelah bersih tiriskan air. Pastikan ungkrung dalam piring kering dan tidak ada airnya lagi.

4.      Siapkan wajan dan nyalakan kompor  dengan api sedang. Tuang minyak goreng secukupnya dan tunggu hingga minyak panas.

5.      Masukkan ungkrung ke dalam minyak goreng yang telah panas. Goreng hingga ungkrung matang kurang lebih 5 menit atau ditandai dengan garing dan berwarna kecoklatan. Pastikan matang merata dengan mengaduk-aduknya dengan spatula besi.

6.      Setelah ungkrung matang, serok menggunakan serok penggorengan kemudian tiriskan. Jangan lupa untuk mematikan kompor terlebih dahulu.

7.      Buat adonan peyek dengan menuangkan ½ kg tepung beras ke dalam baskom

8.      Masukkan pula 1 bungkus santan instan, 1 butir telur dan air secukupnya ke dalam baskom yang telah berisi tepung tadi.

9.      Haluskan 3 buah bawang merah, 3 buah bawang putih , 1 sdt tumbar, 1sdm garam dan 5 biji miri menggunakan cobek. Setelah bumbu dirasa halus masukkan ke dalam baskom yang telah berisi adonan tadi.

10.  Tambahkan 1 sdt penyedap rasa.

11.  Iris tipis-tipis 4 lembar daun jeruk kemudian masukkan kedalam adonan. Daun jeruk berfungsi memberikan aroma wangi yang khas pada peyek.

12.   Masukkan ungkrung yang telah digoreng tadi ke dalam adonan pada baskom.

13.  Aduk adonan pada baskom sampai merata. Cek adonan lebih baik jangan terlalu encer juga jangan terlalu kental. Jika terlalu kental tambahkan air dan apabila terlalu encer maka tambahkanlah tepung lagi. Tak lupa mengecek apakah bumbu sudah pas, jika belum tambahkan bumbu apa yang menurut anda kurang.

14.  Nyalakan kembali kompor dan panaskan minyak goreng pada wajan bekas menggoreng ungkrung tadi. Tambahkan minyak apabila dirasa kurang. Kira-kira minyak dapat menggenangi adonan peyek nantinya.

15.  Ambil adonan peyek pada baskom sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok sayur.

16.  Setelah itu masukkan adonan peyek dari sendok sayur ke wajan penggorengan dibagian pinggir wajan. Pastikan pinggiran wajan sudah terpenuhi oleh adonan peyek, tetapi jangan terlalu berdekatan agar peyek tidak saling menempel .

17.  Setelah adonan dirasa sudah setengah matang siram-siram dengan minyak panas, hingga terlepas dari pinggiran wajan. Hati-hati agar adonan peyek tidak hancur.

18.  Goreng bolak-balik sampai kuning keemasan.

19.  Setelah dirasa peyek matang angkat dan tiriskan peyek menggunakan penyerok gorengan.

20.  Peyek ungkung siap dinikmati.

 

Dengan proses yang sederhana namun penuh dengan ketelitian ketekunan dan keahlian, anda akan berhasil menciptakan kelezatan peyek yang berbeda dari peyek lainnya. Peyek kepompong jati pastinya akan membuat seseorang penasaran akan rasanya dan tergugah rasa untuk mencoba. Dengan sentuhan khas dari bumbu rempah pilihan dan cara pembutan  yang tepat, peyek berbahan kepompong jati pastinya akan menjadi camilan yang gurih dan lezat. Segeralah nikmati kegurihan dan kelezatan setiap gigitan peyek kepompong jati ini, dan rasakan kenikmatan cita rasa tradisional yang terjaga didalamnya. Selamat mencoba!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi #2 : Sajadah Panjang Karya Taufiq Ismail

Menulis Teks Eksposisi: Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi

Analisis Puisi #1: Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono