Teks Deskripsi : Embung Batara Sriten

 Melihat Keindahan Embung Batara Sriten

Kawasan timur kota Yogyakarta terkenal dengan surga berbagai macam tempat wisata. Hal itu yang membuat Gunungkidul dikenal dengan sebutan daerah seribu wisata. Gunungkidul memiliki berbagai macam objek wisata dari objek wisata goa dan pantai. Gunungkidul kini juga telah memilki wisata baru yang sedang terkenal di kalangan masyarakat yaitu bisa menikmat telaga buatan yang berada di atas bukit yang disebut Embung.

Wisata Embung yang saat ini sedang terkenal yaitu bernama Embung Batara Sriten. Embung Batara Sriten adalah embung buatan yang berada di atas bukit tertinggi di Yogyakarta. Embung  dibuat dengan bentuk elips tidak beraturan dengan alasan supaya tampak cantik serta dapat memikat hati para pengunjung. Pemandangan yang ditawarkan di Embung ini dapat membuat pengunjung yang datang terpesona akan keindahannya. Embung Batara Sriten adalah salah satu embung buatan yang tertinggi di Gunungkidul  di atas permukaan laut. Di sisi samping embung  terdapat gazebo dan pendopo untuk wisatawan beristirahat sambil memandangi ke arah embung.

Embung ini tidak digunakan untuk memelihara ikan. Hal itu dikarenakan di embung ini terdapat lapisan geo membrane untuk wadah menampung air. Sehingga apabila untuk perikanan, lapisan geo membrane akan menjadi rusak. Di pinggiran embung dilengkapi dengan pengaman berupa pagar besi dan jalan setapak ditepinya agar wisatawan aman tidak terjatuh atau terpeleset.

Wisatawan saat berada di Embung Batara Sriten dapat melakukan aktivitas menyenangkan untuk melepas lelah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam mempesona dengan panorama pegunungan hijau. Objek wisata ini juga menawarkan sajian keindahan sunset dan sunrise yang bisa dinikmati apabila berkunjung di pagi dan sore hari.  Objek wisata ini juga menawarkan spot foto menarik yang akan memanjakan mata. Objek wisata ini terdapat sudut-sudut fotografi yang keren dan menarik. Wisatawan bisa menjadikan panorama Embung serta perbukitan hijau sekitar sebagai latar belakang foto.

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alamnya , wisata Embung Batara Sriten juga bisa digunakan untuk berkemah. Pengunjung dapat berkemah di samping atau di sekitaran embung. Kegiatan bermalam ditengah Embung membuat waktu berlibur menjadi lebih mengyenangkan. Dengan sajian Embung yang membentang luas, pastinya Anda akan dibuat takjub dan puas untuk memandanginya.  

Berwisata ke Embung Batara Sriten dapat menjadi solusi bagi semua orang untuk melepas penat dan menenangkan hati serta pikirannya. Wisata Embung Batara Sriten ini sangat cocok dinikmati dari mulai pagi hingga malam hari. Embung Batara Sriten juga cocok bagi yang mencari solusi tempat untuk berfoto-foto dan berkemah. Oleh karena itu, Embung Batara Sriten dapat menjadi rekomendasi tujuan wisata di Yogyakarta.                      


Foto Embung Batara Sriten



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi #2 : Sajadah Panjang Karya Taufiq Ismail

Menulis Teks Eksposisi: Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi

Analisis Puisi #1: Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono