Resensi Film #2: My Fault

 

Resensi Film: My Fault

Oleh:Marhansyah Anugrah Kurniawan

Sumber : Wikipedia

 Identitas Film

Judul Film       : My Fault

Judul lain         : Culpa Mia

Penulis             : Mercedes Ron (Novel), Domingo González

Sutradara         : Domingo González

Pemain            : Nicole Wallace, Gabriel Guevara, Marta Hazas, Ivan Sanchez, Ivan Massague

Tanggal Rilis   : 8 Juni, 2023

Durasi              : 117 menit.

Platform          : Prime Video

Bahasa             : Spanyol

Asal Negara    : Spanyol

Genre              : Melodrama, Komedi, Romantis


Sinopsis

Film My Fault mengusung tema tentang percintaan terlarang. Percintaan terlarang tersebut terjadi antara kakak tiri dan adik tiri. Kakak Tiri dan Adik tiri tersebut pada mulanya saling membenci setelah kedua orang tuanya menikah. Selang waktu kedua kakak dan adik tiri didapati memiliki ketertarikan satu sama lain dan pada akhirnya saling jatuh hati dan tidak mampu untuk melepaskan satu sama lain. Film ini fokus utamanya adalah menceritakan seorang gadis usia remaja bernama Noah yang diperankan oleh Nicole Wallace. Noah adalah gadis yang digambarkan berusia 17 tahun yang kepribadiannya ceria dan tengah menikmati masa masa bahagianya sebagai seorang remaja dengan temannya dan kekasihnya.

Pada awal film penonton disuguhkan dengan gadis bernama Noah yang sedang bersiap pindah ke kota lain bersama ibunya. Ibunya Noah bernama Rafaella yang diperankan oleh Marta Hazas. Rafaella adalah seorang single parent yang berstatus janda. Rafaella kemudian menikah lagi dengan William Lester yang diperankan oleh Ivan Sanchez. Noah terpaksa harus mengikuti ibunya pindah ke rumah papa tirinya yang baru dan pada awalnya merasa marah dengan situasi ini.  William Lester diceritakan sebagai  seorang yang kaya raya dan memiliki rumah bak istana. Noah saat baru saja menginjakkan kakinya di rumah tersebut merasa canggung dan menghendaki untuk memakai kamar tamu yang sederhana saja. Hal tersebut tentu hal yang mustahil, Noah mendapatkan kamar besar yang memiliki pemandangan yang indah dilengkapi barang-barang branded yang mahal. Noah mengetahui dari ibunya bahwa dia mempunyai Kakak tiri yang bernama Nicholas. Nicholas digambarkan dengan sosok yang sempurna padahal memiliki hobi berpesta, balapan, mabuk-mabukan. Tidak hanya itu Nicholas juga mencium banyak wanita bahkan berhubungan seks dengannya.

Nicholas diperankan oleh Gabriel Guevara. Nicholas sering dipanggil Nick. Sejak Noah dan Nick bertemu untuk pertama kalinya mereka sering bertemu dalam situasi yang lain lagi dan berujung adu mulut. Suatu saat Noah melihat balapan mobil yang dilakukan oleh Nick dan disitulah Noah mengetahui  lewat sms bahwa Dan pacarnya selingkuh. Situasi tertentu menyebabkan Noah terpaksa mengikuti balapan mobil dan menang namun, kemenangannya tidak diakui. Nick marah dan bertengkar kepada lawannya Noah karena menyebut Noah wanita jalang. Pada saat mereka berantem adu jotos, Noah mengalami trauma dikarenakan pada masa lalu melihat Ibunya Rafella dipukuli oleh ayah kandungnya yang bernama Jonas yang diperankan oleh  Ivan Massague.

Setelah peristiwa tersebut Noah bertambah care kepada Nick. Begitupun sebaliknya. Selang waktu karena perasaan yang tak terbendung akhirnya mereka menjalin kisah cinta yang terlarang. Nick dan Noah didapati melakukan ciuman beberapa kali. Hubungan Noah dan Nick lambat laun terungkap juga saat Noah diculik oleh ayah kandungnya Jonas. Nick bersama polisi mencoba menyelamatkan Noah dari ayah kandungnya dan berhasil. Jonas bernasib naas karena tertembak oleh polisi. Kemudian ceritanya diakhiri dengan kebahagiaan pasangan terlarang Nick dan Noah tetapi, Ayah dan Ibu tiri mereka tidak merestuinya dan mencoba menghentikannya.


Kelebihan

Film My Fault ini menurut saya memiliki kelebihan jalan cerita yang dihadirkan sangat bagus dan menarik. Terlihat dari cerita yang realistis menggambarkan kehidupan seorang kakak beradik tiri yang kemudian tumbuh  rasa cinta yang sebenarnya terlarang. Kisah percintaan yang dihadirkan dalam film ini mampu membuat penonton terbawa perasaan karena dialognya yang dihadirkan walaupun mengetahui bahwa cinta mereka terlarang. Film ini juga memuat unsur komedi yang pastinya dapat membuat penonton tertawa pada tingkah Nick dan Noah. Film ini juga menghadirkan rasa kesedihan yaitu tokoh utamanya memiliki trauma akan masa lalu. Penonton akan dapat dibuat sedih karena masa lalu tokoh Nick yang kehilangan ibunya dan tokoh Noah yang melihat ibunya mengalami KDRT. Film ini adalah film yang sangat hangat dikarenakan mengajarkan arti kasih sayang  yang dilakukan oleh kakak tiri dan adik tiri. Kelebihan film ini adalah mereka juga menghadirkan versi dubbing Berbahasa Inggris sehingga apabila penonton canggung dengan audio berbahasa Spanyol dapat menggunakan audio Berbahasa Inggris.


Kekurangan

Kekurangan film ini adalah memuat adegan adegan yang tidak pantas ditonton oleh pemirsa dibawah 18 tahun. Hal itu didasari karena didalam film ini memuat adegan yang tidak pantas untuk anak dibawah umur seperti berciuman yang berlebihan. Kekurangan film ini yang lain adalah penempatan backsound lagu di beberapa scene yang tidak tepat. Backsound lagu ini dapat berfungsi agar memperkuat feel penonton dalam beberapa scene, namun film ini dibeberapa scene sedih backsound yang dihadirkan haruslah musik yang mellow atau sedih yang bisa memantik feel penonton. Kekurangan yang terakhir ending film ini seperti belum selesai karena ayah, ibu Nick dan Noah mencoba memisahkan mereka berdua. Hal ini akan membuat penonton bertanya apakah akan ada season kedua.


Kesimpulan

Film ini sangat bagus menurut saya terlepas dari kekurangan yang dimiliki. Film ini dapat membuat ada merasakan percintaan terlarang seorang kakak tiri dan adik tiri. Film ini akan membuat anda tertawa, baper, terharu,dsb. Saya merekomendasikan film ini apabila anda sedang mencari tontonan di waktu luang sebagai hiburan. Nilai saya terhadap film ini dari satu sampai sepuluh saya memberikan angka 8 untuk film ini. 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi #2 : Sajadah Panjang Karya Taufiq Ismail

Menulis Teks Eksposisi: Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi

Analisis Puisi #1: Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono