Resensi Film #1: 20th Century Girl

 

Resensi Film: 20th Century Girl

Oleh:Marhansyah Anugrah Kurniawan

Sumber: AsianWiki


 
Identitas Film

Judul Film       : 20th Century Girl

Judul Hangul   : 20세기 소녀

Penulis             : Bang Woo-Ri

Sutradara         : Bang Woo-Ri

Pemain            : Kim You-Jung, Byeon Woo-Seo, Park Jung-Woo, Roh Yoon-Seo

Tanggal Rilis   : 21 Oktober, 2022

Durasi              : 121 menit.

Platform          : Netflix

Bahasa             : Korea

Asal Negara    : Korea Selatan

Genre              : Melodrama, Komedi, Romantis

 

Sinopsis

Film 20 th Century Girl mengusung tema tentang masa masa muda seorang siswa SMA. Film 20 th Century Girl memiliki latar waktu pada tahun 1999.  Film ini menceritakan seorang siswa SMA bernama Na Bo-Ra yang diperankan oleh Kim You-Jung. Na Bo-ra digambarkan sebagai gadis yang berusia 17 tahun yang kepribadiannya ceria. Na Bo-ra memiliki keahlian dibidang taekwondo. 

Na Bo-ra memiliki seorang sahabat bernama Kim Yeon-Doo yang diperankan oleh Roh Yoon-Seo. Yeon-Doo dikisahkan tengah mengidap penyakit pada jantungnya. Kim Yeon-Doo akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) untuk menjalani operasi jantung. Sebelum keberangkatannya ke Amerika Yeon-Doo dipertemukan dengan seseorang yang memiliki nama Baek Hyun-Jin yang dibacanya pada nametag. Yeo-Doo tertarik dan mulai memiliki perasaan kepada Baek Hyun-Jin.

Yeon-Doo kemudian menceritakan kepada sahabatnya Na Bo-ra bahwa dirinya tertarik dan memiliki perasaan cinta kepada Baek Hyun-Jin. Yeon-Doo terlanjur menyukai Baek Hyun jink yang membuat dirinya tidak ingin pergi ke Amerika Serikat, Na Bo-ra sebagai sahabat baik Yeon-Doo membujuk agar dirinya tetap pergi berobat ke Amerika Serikat. Na Bo-ra berjanji akan mencari informasi tentang Baek Hyun-Jin seperti halnya seorang detektif. Setelah terjalin kesepakatan dengan Na Bo-Ra akhirnya Yeon-Doo tetap berangkat ke Amerika Serikat untuk melakukan operasi jantung.

Na Bo-Ra mulai mengikuti Baek Hyun-Jin yang diperankan oleh Park Jung-Woo. Bo-Ra mulai mengulik kebiasaan kebiasaan dan kesukaan Baek Hyun-Jin. Suatu ketika Bo-ra mendengar Baek Hyun-Jin mengobrol dengan temannya Poong Woon-Ho yang diperankan oleh Byeon Woo-Seok. Na Bo-ra mendengar bahwa mereka berdua akan bergabung di klub siaran. Selang waktu Na Bo-Ra mengikuti bergabung ke klub tersebut. Na Bo-ra kemudian mengulik lebih dalam Hyun-Jin lewat temannya Poong Woon-Ho.

Hyun-Jin merasa Na-Bora menyukainya. Hal itu dikarenakan Na Bo-Ra sering berada didekatnya dan mengetahui apa saja yang ia sukai. Hyun-Jin kemudian mengajak Na Bo-Ra untuk berkencan. Na Bo-Ra menolak mentah mentah ajakan kencan Hyun-Jin dikarenakan tujuannya adalah membantu sahabatnya Yeon-Doo yang menyukai Hyun-Jin. Na Bo-Ra tersadar bahwa dirinya menaruh hati pada Poong Woon-Ho teman dekat Hyun-Jin. Perasaan Na-Bora terbalaskan Poong Woon-Ho juga memiliki perasaan kepada Na Bo-Ra.

Selang waktu Yeon-Doo telah pulang kembali ke korea. Yeon-Doo telah sukses menjalani operasi jantung. Selepas kepulangan Yeon-Doo, Na Bo-Ra menerima kabar mengejutkan bahwa ternyata cowok yang disukai oleh Yeon-Doo adalah Poong Woon-Ho. Na Bo-Ra perlahan mulai menjauhi Poong Woon-Ho namun, perasaan cinta yang besar merek tidak bisa menjauh satu sama lain. Yeon-Doo kemudian merelakan cintanya untuk sahabatnya Na Bo-Ra.

Bersamaan dengan itu Poong Woon-Ho harus pergi ke luar negeri sehingga kisah cinta mereka harus dilakukan secara LDR. Na Bo-Ra dan Poong Woon-Hoo selalu berkirim kabar dan pesan. Sampai pada suatu ketika Na Bo-Ra tidak lagi menerima surat lagi dari Poon Woon-Hoo. Na- Bora mulai melupakan Poong Woon-Ho dan menjalani kehidupannya.

Waktu berjalan Na-Bora kini telah dewasa yang diperankan oleh Han Hyo-Joo. Suatu ketika Na Bo-Ra bertemu dengan Joseph. Joseph mengajak Na Bo-Ra ke sebuah pameran dan disana melihat video yang bertuliskan bahwa Poong Woon-Hoo telah tiada. Na Bo-Ra tekejut bahwa Poong Woon-Ho telah tiada. Joseph kemudian memberikan kaset rekaman yang berisi video terakhir yang dibuat Poong Woon-Ho untuk Na Bo-Ra. Na Bo-Ra kemudian menonton video itu sambal mengingat masa lalu mereka.

 

Kelebihan

Film 20 th Century Girl memiliki kelebihan jalan cerita yang dihadirkan sangat bagus. Terlihat dari cerita yang realistis menggambarkan kehidupan anak remaja usia SMA. Kisah percintaan yang dihadirkan dalam film ini mampu membuat penonton terbawa perasaan karena dialognya yang mengena serta diperankan oleh aktor yang hebat. Film ini juga memuat unsur komedi yang pastinya dapat membuat penonton tertawa. Film ini juga menghadirkan rasa kesedihan akan cinta yang tidak bisa bersatu. Penonton akan dapat dibuat menangis karena kisah cinta tokoh utama berakhir tragis yaitu terpisahkan oleh kematian. Film ini juga mengajarkan arti pengorbanan yang dilakukan oleh seorang sahabat serta keikhlasan. Sinematografi dan pengambilan gambar yang dilakukan pada film ini sangat bagus dan menggambarkan seolah olah kondisi tahun 1999.

 

Kekurangan

Kekurangan film ini adalah tidak dijelaskan alasan kenapa tokoh Poong Woon-Ho meninggal dunia. Dalam film ini hanya dijelaskan bahwa Poong Woon-Ho meninggal lewat tulisan. Hal itu kemudian dapat menimbulkan kebingungan penonton. Kekurangan film ini yang lain adalah kurangnya backsound lagu di beberapa scene. Backsound lagu ini dapat berfungsi agar memperkuat feel penonton dalam beberapa scene, namun film ini dibeberapa scene penting tidak ada backsound lagu.

 

Kesimpulan

Film ini sangat bagus menurut saya terlepas dari kekurangan yang dimiliki. Film ini dapat membuat ada kembali merasakan lika liku percintaan masa muda terkhusus pada cinta pertama. Film ini akan membuat anda menangis, tertawa, baper, terharu,dsb. Saya merekomendasikan film ini apabila anda sedang mencari tontonan di waktu luang sebagai hiburan. Nilai saya terhadap film ini dari satu sampai sepuluh saya memberikan angka 8,5 untuk film ini. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi #2 : Sajadah Panjang Karya Taufiq Ismail

Menulis Teks Eksposisi: Penetapan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi